31 Mar 2015

Santi Carzola: Playmaker yang Selalu Tersenyum

Lincah, ngotot, cepat...
Santi 'Little Magician' Carzola
Santi Carzola pindah ke Emirates Stadium dari Malaga pada transfer musim panas 2012 dengan harga 19 juta euro. Murah, untuk seorang pemain sekelas Carzola. Perawakannya kecil, 169 cm. Lebih pendek dari gue.
 
Santi
Awal datang, gue nggak tau apa2 ama ni orang. Pemain pendek kaga jelas dari mana nih yang didatangin Arsene Wenger. Usianya waktu didatangin 28 tahun. Jarang banget Wenger ngebeli pemain yang kalo di Arsenal udah tergolong tua. Tapi permainan pertamanya yang gue tonton lawan Sunderland A.F.C. bikin gue narik kata - kata gue lagi. Supertakuler !!!. Carzola nari - nari dilapangan tengah dengan leluasa, boss in midfield. 

Santi dengan Arsene 'the Professor' Wenger
Malam itu Santi Carzola, pemain spanyol yang gue sebelumnya nggak tau, memukau gue. Dan gue heran Arsene Wenger bisa dapetin pemain ini hanya dengan 19M euro. Dan kenapa klub - klub lain yang punya nilai tawar lebih bisa nggak nyadar ada pemain sebagus ini dengan harga miring. Salut untuk Arsene 'The Professor' Wenger dan tim scout Arsenal.


Kekuatan terbesar Carzola terdapat pada kontrol bolanya yang luar biasa. Ditambah dengan kecepatan dan agilitynya. Sulit buat pemain lain ngerebut bola dari drible Carzola. Santi Carzola juga ngotot banget, determined. Nggak jarang dia jatuh bangun untuk mempertahankan bola dari rebutan pemain lawan, berdiri lagi dengan cepat, gocek, dan melewati lawan. Liat aja penampilannya saat Arsenal vs Manchester City di Etihad Stadium kemaren, lebih dari 3 pemain City dilewatin Carzola saat menggiring bola dari belakang. Gelandang - gelandang mahal City dilewatin dengan sihir Little Magician from Spain.

Santi Carzola juga merupakan pengumpan dan eksekutor penalti handal. Total di EPL dia udah bikin 8 assist dan 7 gol. Kemaren saat lawan West Ham Carzola juga bikin assist yang keren untuk Flamini. Entah bagaimana caranya, Carzola mengirim umpan ketiang jauh yang kosong, tiba - tiba aja ada Flamini yang berdiri bebas disana, tinggal sodorin bola kegawang, gol. Dengan sihirnya dilapangan,Carzola tau dimana harus memberi umpan dan juga tau pergerakan teman setimnya. Minggu lalu doi juga nyiptain assist untuk gol kedua Giroud melawan Newcestle dari tendangan corner.
 
Crosing 'Little Magician'
Yang sedikit mengganggu gue tu crosing nyampingnya. Crosing Carzola gue akuin indah banget, bola melambung tinggi dan tidak sulit dikontrol oleh rekan yang menerima umpan. Yang ngeganggu gue tu, umpannya menurut gue tinggi banget, bikin lawan yang sebelumnya konsentrasi menghadapi sisi dimana Carzola berada, bisa bersiap untuk menerima serangan dari sisi lain yang dicrosing Carzola. Poin dari umpan silang tu kan biar lawan fokus pada satu sisi dan saat dicrosing, lawan jadi kelabakan ngadepin dari sisi yang berlawanan. Dengan crosing Carzola yang melambung tinggi itu, poin umpan silang yang memiliki elemen shocknya jadi ilang. Saat umpan silang pun, Carzola biasanya memakai ancang - ancang khas yang memakan waktu beberapa detik.
 
Playmaker Arsenal
So far, Carzola bisa menjadi playmaker yang baik untuk Arsenal. Setelah kembali dari cidera, Mesut Özil terpaksa bermain menyamping karna posisi no. 10 lebih dipercayakan kepada Santi Carzola. Tapi gue rasa itu nggak bakalan jadi masalah, Özil juga bisa bermain melebar seperti yang dia emban saat membela Jerman pada piala dunia 2014. Ntar deh, kapan - kapan gue bikin postingan tentang Mesut Özil. Back to Carzola.
 
Smile Santi Smile
Yang paling gue suka dari Carzola tu dia selalu tersenyum. Pemain yang riang. Gue suka itu, seolah dia benar - benar menikmati permainan. Pemain periang seperti Carzola dapat menghangatkan ruang ganti dan mengsolidkan tim. Gue nggak bilang ruang ganti Arsenal ngebosenin ya. Cuma banyak pemain yang gue duga pendiam kayak Ramsey, pemain kaku kayak Koscielny, pemain yang mentalnya masih bocah like Wilshare, pemain yang belum bisa bahasa inggris seperti Ospina dan Sancez, dan lain - lain lah. Dengan adanya Carzola yang periang dan bisa bahasa spanyol (Wenger: bahasa spanyol menjadi bahasa yang penting di Arsenal saat ini) bakalan bisa mengompakin squad.

Hope the Best for the Club Who I Love
Come On You Gunners!
Note: gambar2 dan info2 gue ambil dari Arsenal, Youtube, whoateallthepies, goal

No comments:

Post a Comment