8 Mar 2015

Pandangan Politik: Isu Dana APBD DKI Jakarta

gue bukan pakar politik
tapi gue warga indonesia yang juga punya hak untuk bersuara
dan inilah suara gue
 
Dari kanan: Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi A. Tumenggung, Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek
Akhir akhir ini gue jadi sering baca2 kompas. Maklum, mahasiswa akhir kurang kerjaan, jadinya sok2an baca koran. Nah dikompas ini ada fitur yang keren banget menurut gue, namanya topik pilihan. Jadi disini tu lu bisa ngeliat topik2 apa aja yang lagi hot sekarang. Trus gue liat ada yang judulnya Anggaran Siluman APBD DKI, kan gue kepo yak. Ya udah dah gue baca. Eh gue jadi nemu hal yang menarik
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakil Gubenur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat
Jadi ceritanya Gubenur DKI sekarang Ahok lagi berantem ama DPRD DKI terkait masalah anggaran APBD DKI 2015. Ahok nggak setuju ama dana yang disaranin DPRD. Menurut Ahok, dananya banyak yang nggak masuk akal. DPRD DKInya sendiri pundung, soalnya Ahok ngasih usulan anggaran dana kementri dalam negri bukan versi yang udah disepakatin antara DPRD ama Ahoknya

Ahok: Sampai Mati Tidak Akan Masukkan Rp 12 Triliun ke APBD
Menurut undang2 no. 17 tahun 2003 sih emang harus ada pembahasan terlebih dahulu masalah APBD antara pemerintah daerah dengan dewan perwakilan rakyat daerah. Tapi disana disebutin kalo ketentuan lebih lanjutnya diatur oleh Peraturan Daerah (PERDA) jadi gue nggak tau persis kek mana. Jadi kalo ampe sini gue rasa nggak salah sih kalo DPRD ngambek

Tapi masalahnya, gimana kalo usulan dari DPRD itu nggak masuk akal? apakah perlu diikutin juga? itu kan uang negara semua, mau dibawa kemana tu uang
 
Coretan Ahok: Pemahaman nenek lu !
Ahok ngelaporin usulan RAPBN kekementrian dalam negri dengan versi yang berbeda dengan yang disepakatin bareng DPRD. Ahoknya ngilangin usulan2 dana yang beliau anggap nggak perlu. Salah satunya dana buat UPS sekolah2 dijakarta yang masing2 sekolah katanya dapet 5 milyar rupiah. Total dana yang dipangkas Ahok dari APBD adalah 12,1 triliun rupiah. Disinilah pertempuran Ahok vs DPRD DKI bermula. Gong....

Ahok sebagai gubenur gue rasa sangat berani. Gue bayangin yah, gimana rasanya lu gubenur nih, sendirian, trus rapat bareng DPRD, yang ramean, buat bahas RAPBD. lu nggak setuju, tapi DPRD semuanya setuju. Padahal lu yakin 100% kalo pendapat lu tu bener, dan semua orang juga tau tapi karna yang lain udah terbutakan jadinya mereka ngebohongin dirinya sendiri. Lu bisa bilang apa? mau voting? lu sendirian. Mau minta tolong? ama siapa? kan lu yang paling tinggi jabatannya disono?

Abraham Lunggana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. lebih dikenal sebagai Haji Lulung
Kalo gue jadi Ahok sih gue iya2in aja dulu didepan, tapi ntar gue ilangin diem2. Gue nggak mau ngebohongin hati nurani gue. Dan taunya Ahok berpikiran sama kayak gue hahaha

Ahok lebih pintar dari gue tapi. Beliau masukin RAPBD yang udah dipangkas kekementrian dalam negri. DPRD marah. Ahok sengaja bikin heboh biar mentri dalam negri dan seluruh rakyat Indonesia ngelirik. And we see, siapa yang bener

Dengan begitu, Ahok mendapatkan banyak hal, perhatian, dukungan, pembelaan, dan perlindungan. Die pinter. nggak mau langsung ngelawan. Bisa mati konyol ntar. Apalagi nggak ada yang tau, hmm... udah dah, jadi tai udah


Saat ini, Ahok juga mendapatkan perhatian dan dukungan dari gue. Beliau jujur, berani, dan pinter. Itu diatas ada video mediasi Gubenur dengan anggota DPRD yang dimediasikan oleh kementrian dalam negri 6 menit terakhir rapat. Saat Ahok iseng ngebentak walikota buat ngomong masalah usulan RAPBD didepan sekretaris jendral kemendagri, eh DPRDnya malah nyalak kayak anak kecil yang marah2 disaat hampir ketauan boongnya.


Gara2 rapat itu, di twitter pada rame pake #SaveHajiLulung. kebanyakan sih twitnya pada nyindir semua. kocak2 banget tapi hahaha. Haji Lulung ni termasuk DPRD yang vokal. Tapi sayangnya nggak disetrai info yang memadai. Ada suatu ketika doi diwawancara, salah nyebut UPS jadi USB. ngakak parah gue

Semua diatas adalah opini gue aja. Ada dikit2 gue selipin fakta, tapi gue mungkin aja salah. mending lu coba googeling sendiri aja gimana duduk perkaranya. Dan suarakan opini lu sendiri. Gue berpikir, kita sebagai anak muda, harus tau masalah politik walaupun nggak terlibat politik. Kita tu masa depan bangsa bos, masa nggak tau bangsanya kek mana, iya kan


Note: semua fotonya gue ambil dari kompas, tribunnews, dan malesbanget

No comments:

Post a Comment