19 Mar 2015

Olivier Giroud: Underrated Striker

Targetman ganteng terbaik Arsenal saat ini.

Olivier Giroud
Olivier Giroud. Penyerang prancis ini awalnya diragukan untuk menjadi penyerang utama Arsenal. Apalagi untuk menggantikan Robin van Persie. Didatangkan dari Montpellier tahun 2012 dengan harga 13 juta poundsterling. Termasuk murah untuk seorang striker. Tambah meningkatkan pesimis fans Arsenal.
 
Giroud saat di Montpellier
Tetapi harga bukanlah penentu sebuah kemampuan. Arsene Wenger know that. Giroud bukan pemain sembarangan, bukan striker ecek -ecek. Sebelum bergabung dengan Arsenal, dia merupakan striker tertajam di Ligue 1 France. Top skor liga prancis pada musim 2011-2012 dengan 21 gol dan mengantarkan Montpellier menjadi juara Ligue 1 untuk pertama kalinya.
 
Underrated Striker
Walaupun nggak sepopuler EPL, Ligue 1 bukan sembarang liga. Disana ada club - club bagus seperti Olympique Lyonnais, Monaco dan Paris Saint-Germain F.C. Dan tentu juga punya striker - striker kelas dunia  seperti Zlatan Ibrahimović dan Edinson Cavani. Giroud mampu bersaing dengan para striker mahal Ligue 1, bahkan menjadi top scor. Masih ragu dengan Giroud?
 
Arsene 'The Professor' Wenger
Salut banget ama Arsene Wenger. World Class Manager. Bisa melihat bakat yang luput dari pantauan club - club lain yang matanya telah terbutakan doktrin harga berbanding lurus dengan kemampuan. Percuma membeli penyerang mahal dengan gaji selangit kalo nggak bisa mencetak gol. Liat Falcao dengan gaji 346 ribu Pound perminggu baru nyetak 4 gol. Bandingin dengan gaji Giroud 100 ribu pound yang hanya sepertiga dari Falcao telah menjebol gawang lawan sebanyak 18 kali (edit: 11 kali) di EPL musim ini.
 
Run Giroud, run !!!
Gaya permainan Giroud memang berbeda dengan gaya permainan Arsenal yang mengandalkan kecepatan dan operan terobosan. Kasarnya, Giroud tu lambat. Saat awal bergabung, doi sering ketinggalan dari bek lawan saat mengejar bola umpan terobosan Arsenal. Butuh penyesuaian.
 
Centre Forward terbaik Arsenal saat ini
Now, he amazing. Penyerang dengan kebiasaan membelakangi gawang lawan. Menjadi penerima bola dikotak penalti. Giroud memang tidak memiliki kontrol bola yang sempurna, tapi dia mampu mempertahankan bola dengan kekuatan tubuhnya. Pemberi umpan terobosan dari dalam kotak penalti untuk menciptakan peluang. Dengan kebiasaannya yang membelakangi gawang lawan, Giroud dapat dengan mudah melihat pergerakan rekan setimnya. Liat umpannya kepada Ramsey dan Santi Carzola saat Arsenal vs West Ham saat proses gol ke 2 dan ke 3 Arsenal. Gue ngeliat dia seperti berposisi sebagai Center dalam basket, Point Guard ngoper ke Center dibawah ring, Center ngoper ke Power/Small Forward yang lari dari samping, loncat, and dunk.


Selain umpan, Giroud juga punya tendangan yang powerfull serta kepala yang sangat berguna. Liat aja tendangan Giroud pada Gol pertama lawan West Ham. Gedebamm !!!. Masalah kepalanya, nggak cuma sekedar ganteng. Headingnya sangat tajam. Dengan tinggi 192 cm dia bisa dengan mudah memenangkan pertarungan udara. Bayak golnya yang tercipta dari kepala gantengnya.
Setelah kembali dari cidera, Giroud mulai kembali kepenampilan terbaiknya. Kemampuan terbaik Giroud bukanlah skil yang mempesona ataupun dribling yang cepat. Kemampuan terbaik Giroud adalah konsistensi mencetak golnya. 4 pertandingan terakhir EPL Giroud selalu mencetak gol. Itu yang dibutuhkan Arsenal sekarang untuk menyalip City diposisi ke 2. Gue nggak sabar untuk menonton gol - gol berikutnya dari Giroud.
 
Waiting for your next gol
Giroud juga mencetak gol saat melawan Monaco rabu lalu, sayang gol Giroud nggak mampu meloloskan Arsenal karna kalah agregat gol tandang. Gue kecewa Arsenal nggak lolos UCL, tapi ambil sisi positifnya aja. Sekarang Arsenal bisa konsentrasi di EPL dan mempertahankan gelar FA cup.

Hope the Best for the Club Who I Love
Come On You Gunners!
note: gambar gue ambil dari mirror, independent, skysports, citibet88, 101greatgoals, Arsenal

3 comments:

  1. wake up min, oli dan zlatan serta edinson ga pernah 1 musim maen bareng di ligue 1,

    oli top skor 11/12 di montpellier
    zlatan maen di ligue 1 (PSG) pas oli udah keluar, musim 12/13
    edinson gabung psg setahun setelah zlatan gabung

    imo, ini ga bisa jadi perbandingan, sebab sebuah liga per musim kekuatan bisa berubah, hehehehe

    mari belajar min, sama2, saya juga dlm tahap belajar

    ReplyDelete
  2. http://www.arsenal.com/first-team/players/olivier-giroud

    1 lagi, per tanggal 20/3/15, diwebsite resmi pun, giroud baru nyetak 15 gol min, 18 darimana coba??

    15 aja all competition, kalo BPL cuma 11 gol aja min, hahahahaha

    ReplyDelete
  3. salah ya hahaha
    pertama, gue senang ada yang ngomen tulisan gue. makasi sebelumnya

    itu gue cuma mau menggambarkan kalo Ligue 1 itu bukan liga kelas 2 yang memiliki club sugar daddy seperti PSG dan Monacco. Gue juga salah sih, seharusnya gue bandingin ama Nene, Eden Hazard dan P.E. Aubameyang yang waktu itu lagi main di Ligue 1. My bad

    wah masalah gol Giroud itu emang salah tuh. Sorry sorry, makasi udah ngingetin

    #coyg

    ReplyDelete