30 Mar 2015

Commuterline: Murah dan Nyaman

Gue baru balik dari Jakarta cuy...
 
Gue kejakarta naik Commuter line. Keren banget kalo menurut gue. Pake AC. Kaga ada bau - bau aneh kayak bau kambing  atopun sebagainya. Nyaman lah kalo kata gue.

Murah lagi. Gue dari Bogor ke manggarai aja cuma 4 ribu.
 
Gue yang dari padang rada kurang familiar ama yang namanya kereta api. Dipadag cuma ada kereta api pengangkut batu bara ama kereta api pariwisata. Jadi pengalaman gue naik kereta penumpang masih dikit. Gambara gue tentang kereta api penumpang dulu cuma dari film Warkop yang ada bawa - bawa ayam jago ama pengamen. Kudet emang gue.

Kalo naik Commuter line gue biasanya bediri, walaupun ada kursi kosong. Gue males banget duduk. Ntar kalo gue duduk gue bakalan menghadapi kegalauan remaja di Commuter line. Bakalan ada masanya dimana gue duduk, penumpang penuh, trus ada ibu - ibu yang naik, tapi ibu - ibunya kaga nengok ke gue. Pengen rasanya gue berdiri trus ngasih kursi gue ke tu ibu - ibu, cuma ibunya nggak nengok, ntar kalo gue berdiri diambil ama yang lain, disangkain sok pahlawan, kalo gue colek trus sapa ibunya ntar dikirain gue sok kenal, trus pasti ujung - ujungnya gue tetep duduk, pengecut. I hate that situation.
Yang menarik perhatian gue kali ini adalah sekarang Commuter line ada 2 layar digerbongnya. Buat iklan kayaknya. Keren banget. Jadi kalo lu lupa bawa headset, lu nggak perlu mati gaya. tinggal pantengin aja tu layar. Kayaknya masih dalam masa percobaan.

Waktu ngeliat itu gue jadi ada ide. Gimana kalo dilayar tu ada kamera diatasnya. Nah ni kamera bakalan multi fungsi. Bisa buat ngawasin penumpang di Commuter line, trus juga bisa buat ajang selfie gitu. 

Selfie ini nih yang bikin gue semangat. Jadi ide gue gini. Ntar setiap jam bakalan ada ajang selfie di Commuter line gitu. Diliatin tuh tampilan kameranya dilayar. Ntar ada hitungan mundurnya. Cekrek. Kefoto. Trus tampilin di layar. Juga bisa diunggah di web KRLnya juga bagi yang mau ngunggah. Nggak ada lomba ato hadiah atopun sebagainya sih, cuma buat seru - seruan aja. Gue ngebayangin kayak flasmob gitu. 

Gue kebayang ntar, abg - abg atopun masyarakat luas bakalan kebiasa gitu. Pas jamnya, kebetulan di Commuter line, pada nengok ke kamera gerbong semua, selfie. Trus didownload di web KRL. Jadi tren baru gitu. Bisa disebarin di medsos buat pamer - pameran. Setelah selfie, kembali kerutinitas masing - masing. Lumayan kan buat iseng - iseng di Commuter line, ngelepas capeh abis bepergian.

Ini juga berguna untuk mempromosikan Commuter line sendiri. Biar jadi ajang promosi sekaligus mengkampanyekan penggunaan fasilitas umum. Ide doang sih. Semoga aja ada petugas PT Kereta Api Indonesia yang baca tulisan gue trus beneran kejadian. Kan keren juga.

 note: foto - foto gue ambil dari wikipedia ama KRL

No comments:

Post a Comment