5 Feb 2016

Giant Killing: Manga Sepak Bola yang keren Abis

Football manager dimangain

Buat lu yang sering main FM, lu pasti ngerti kalo jadi manager sebuah klub bola tu nggak cuma masalah formasi dan jual beli pemain. Banyak aspek lain yang perlu lu peratiin, yang paling penting klub lu jangan ampe bangkrut.

Nah, manga Giant Killing adalah manga sepak bola karya Masaya Tsunamoto art Tsujitomo yang mencoba ngegambarin gimana jadi manager sebuah klub sepak bola kere serealistis mungkin. Menarik dan seru banget.

Jadi ceritanya tentang Tatsumi Takeshi. Doi dulu pemain bintang di East Tokyo United (ETU), trus karna sesuatu dan lain hal pindah ke Inggris, lalu pensiun di usia muda. Tatsumi kemudian jadi pelatih klub sepak bola amatir di Inggris.
  
Tatsumi Takeshi as Player and Manager
ETU yang ditinggal ama Tatsumi jadi ancur dan selalu jadi penghuni papan bawah klasemen. Ampe General Manager (GM) ETU nyusulin Takeshi ke Inggris buat jadiin doi Manager baru ETU. Dan cerita pun dimulai...

Giant Killing merupakan manga sepak bola yang menarik dan esentrik. Menceritakan seorang manager sepak bola, dimana biasanya manga sepak bola mainstream nyeritain kisah seorang atlit.
  
Giant Killing juga realistis. Disini lu nggak bakalan nemuin yang namanya jurus jurus kaga masuk akal. Yang ada disini adalah masalah masalah yang biasa ada di klub sepak bola. Biasa, tapi sangat menarik dan istimewa. kayak perasaan akoh ke kamu :*

Uniknya lagi Giant Killing ni nyeritain sebuah liga sepak bola profesional, bukan sebuah turnamen seperti yang manga mainstream sepak bola lainnya.

Selain liga, juga ada piala liga, pemain asing, transfer pemain, logo klub, maskot klub, pers dan sponsor tim. Lengkap, udah kayak dunia nyata aja.
   
Banyak aspek sepak bola yang digrepe ama ni manga. Mulai dari psiologi pemain, interaksi dengan pemilik klub,  scouting sistem, sponsor klub, cek cok antar sporter bola, dan pemberitaan media pers.

Karakternya juga banyak yang menarik. Sebagai satu individu, tiap karakter punya sifat unik masing masing. Pemain ETU juga termasuk. Favorit gue adalah Gino si playmaker ETU.
  
Ngingetin gue ama Ozil
Giant Killing ngajarin gue selain taktik dan skill pemain, sifat dan personality pemain juga sangat penting untuk menentukan kemenangan sebuah tim sepak bola. Interaksi manager dengan pemain dan antar pemain juga sangat penting.

Giant Killing ini manga yang cocok buat gue yang gila football manager. Sayangnya sih rilisnya kaga mingguan. jadinya gue penasaran abis nungguin kelanjutan ceritanya.
  

No comments:

Post a Comment