21 Dec 2018

Bajak Lagu Ini : Sindiran Jenaka dari CameoProject

Asli keren banget.


Semuanya keren.

Mulai dari musiknya.

Liriknya.

Pesannya apalagi.

Supertakuler.

Yang paling gue suka tu pesannya sih. Nyindir kita.

Termasuk lu jak 😋.

Nyindir kita yang nggak ngeapresiasi sebuah karya. Sebagian karna mau curang, sebagian lagi karna emang nggak tau sebenernya lagi ngezalimin pencipta karya.

Buat lu yang nggak tau, nih biar gue kasi tau.

Sebuah karya dilindungin undang-undang loh. Undang-Undang Hak Cipta. No 28 tahun 2014.

Disitu udah termasuk semua tuh. Baik karya berupa pengetahuan, teknologi, seni, dan sastra.

Nah kalo lu mendapatkan keuntungan dari karya orang lain. Berarti lu ngelanggar UU Hak Cipta.

Keuntungannya tu nggak cuma masalah uang loh, tapi juga keuntungan menikmati/menonton/mendengar.

Nah kalo lu menikmati/menonton/mendengarkan/menjual karya tanpa seijin pencipta lu ngelanggar UU Hak Cipta bro.

Kecuali lu menikmati di platfom free yang udah bayar royalty ke si pencipta, kayak TV, Radio, Itune, Jooq atau Spotify.

Nah kalo lu ngedownload ilegal, ngerekam, apalagi ngenyebarin itu yang namanya ngebajak.

Tapi di Indonesia kayaknya (gue nggak tau pasti sih) kurang serius menanggapi UU Hak Cipta ini. Jadinya pembajakan ngejamur meraja lela.

Ini ngerugiin pencipta karya banget menurut gue.

Padahal ya, kalo Indonesia beresin masalah hak cipta ini, apalagi musik, itu bakal nambah income pemerintah juga.

At lease PPN ama PPh.

Potensi pajak yang sangat besar loh ini.

Gue jadi inget pembahasan CameoProject ama Glen Fredly dan Tompi tentang hak cipta gara-gara kasus Via Vallen vs Jerinx SID.


Ntar-ntar, mau review lagu kok jadi malah kuliah. Macam caleg aja gue.

Balik lagi ke lagu Bajak Lagu Ini. Khusus diciptakan buat nyindir pembajak lagu, pedownload ilegal, dan pemerintah yang nggak tegas menindak lanjutin masalah ini.

Banyak banget yang terlibat, Budi Doremi, Project Pop, Arman Maulana, Ari Lasso, RAN, Coboy Junior, Tangga, Cherrybell, Smash, Ayu ting Ting, Saykoji, Raisa, Kotak, Naif, Alexa, dan lain-lain yang gue nggak tau namanya.

Musiknya chachy asli, apalagi liriknya, masyaallah....

Bajak lagu ini...
Percuma dilarang...

Liriknya stuck diotak gue.

Ngeapresiasi banget CameoProject yang ngeupload video ini sih. Protes dengan cara keren. Nggak perlu bakar-bakar ban dijalanan.

Uploadnya 2016, gue baru tau barusan. Anjir kudet banget gue. Atau... CameoProject yang nggak terkenal 😂😂😓.

Nasip ya, buat conten berkualitas tapi nggak viral dan kontroversial, susah terkenalnya. Selow, gue tetep ngefans ama CameoProject.

Gue harap sih kedepannya kita bisa konsisten untuk menegakkan UU Hak Cipta dan menghargai Pencipta Karya. Untuk Indonesia yang lebih baik.

Famous.id - Brilio
*Post ini gue kebanyakan ngomongin Indonesia. Keseringan nonton Mikirnya Pandji nih.

No comments:

Post a Comment