30 Dec 2018

Percobaan Perampokan Rumah yang Gagal dan Mama Gue

Waktu gue kelas 5 SD ada yang mau ngerampok rumah gue.

Jadi ceritanya gue pulang sekolah, lagi nonton Suzanan tuh. Trus tiba-tiba ada yang gedor-gedor pintu.

Gue mah bodo amat.

Paling cuma tamu, pikir gue.

Gue waktu kecil tu males banget nerima tamu. Basa basi bullshit menurut gue. Kan nggak ada orang dirumah. Pasti bentar doang, abis tu balik.

Parah emang lu jak.

Beberapa menit kemudian, gedorannya berenti.

Udah nyerah tu orang, pikir gue.

Nggak nyampe semenit...

PRANK... PRANK... PRANK...

Kaya bunyi seng dipukul.

Kayaknya bunyinya dari samping rumah. Gue curiga dari garasi.

Kaget gue, penasaran juga.

Gue tengok garasi dari dalam. Bener dari garasi taunya.

Digarasi tu kaya ada balok kayu yang nyembul dari luar dipintunya.

Taunya garasinya udah kebuka dikit. Yang ngenahan garasi ngak terbuka penuh cuma gembok yang dipasang di atas garasi.

Tapi kunci garasi udah jebol.

Anjir apaan nih. Takut gue. Pikiran gue udah kemana-mana. Gue yakin yang dibalik garasi ini pasti niatnya kaga baik.

Gue diem aja ngeliatin pintu garasi dari dalam. Separo takut, separo penasaran. Kayaknya dia kesulitan buka gembok.

Mampus lu pikir gue.

5 menitan gue liatin. Kayu baloknya masih aja mencoba mencongkel garasi. Trus nyodok-nyodok gembok diatas garasi.

Rada panik gue.

Kalo gemboknya jebol, abis gue. kan nggak ada siapa-siapa lagi dirumah.

Nekat gue.

Gue kegudang. Ada tempat tidur besi bekas. Udah bekarat gitu. Gue kotek tiang besinya. Panjang juga, sekitar 2 meter.

Gue kepintu depan. Buka Pintu dari dalam. Tutup lagi dari luar. Kuncinya gue masukkan ke kolor.

Bersenjatakan pentungan besi tadi gue samperin pintu garasi.

Yang lagi bersusah payah ngecongkel garasi gue tu seorang kakek-kakek. Dengan balok yang masih ditangan dia ngeliat gue.

Gue angkat besi gue gunjuk dia. "Bapak ngapain?"

"Ini kayaknya rusak, bia saya perbaiki dari dalam" katanya sambil ngampirin gue.

Besinya masih gue hadapin ke doi. "Nggak, mending bapak pergi. sebelum saya teriak".

"Nggak, tapi pintunya rusak"

"Nggak, Mending bapak pergi, SEKARANG'.

Gue udah teriak-teriak. Mungkin karna takut narik perhatian tetangga, doi akhirnya cabut.

Udah yakin doi cabut, gue langsung masuk rumah, nyari receh buat ongkos angkot, trus keluar lagi.

Gue pergi kerumah tante gue, kakak perempuan Ibu gue, gue manggilnya Mama.

Nyampe rumah Mama, gue langsung ke depan pintu ngegedor-gedor kayak orang kesetanan.

Dibuka oleh Ni Yayan, anak Mama gue, Sepupu gue.

Gue lega minta ampun.

Trus gue muntah. Tepat didepan pintu. Di kaki ni Yayan. Ambil nangis.

Anjir, jorok sia

Dari tadi gue nggak nangis, setelah nyampe rumah Mama dan gue merasa aman baru gue limpahin semua emosi gue.

Lu bayangin bocah 5 SD ngalamin ini. Well, gue lumayan bangga ama diri gue, gue nggak ngerasa cengeng.

Setelah ditenangkan Mama, setelah muntah gue diberesin ni Yayan baru dah gue jelasin pelan-pelan. Ampe cecegungkan, gue jelasin ke Mama.

Sambil ngebelai punggung gue, Mama ngedengerin dengan seksama.

Trus Mama nelfon Ibu, nanyain Ibu udah pulang apa belum. Ngomelin ibu yang ninggalin gue sendirian dirumah.

Mama juga nelfon Angku gue, kerabat jauh yang tinggal disekitar rumah gue. Mama minta Angku untuk nyari tau siapa yang nyoba ngebobol rumah kami.

Mama juga nganterin gue balik ke rumah. Ketemu Ibu gue. Kembali ngomelin Ibu.

Pada hari itu, gue merasakan kasih sayang Mama yang sangat besar ke gue. Gue sayang Mama.

Beberapa hari setelahnya baru ketahuan kalo bapak-bapak yang nyoba ngerampok rumah kami tu tinggalnya sekitar 300 m dari rumah kami. Dan mengalami sedikit gangguan jiwa.

Infonya gue tau dari Angku.

Gue tiba-tiba nginget cerita ini untuk mengenang Mama gue. Yang 12 Desember lalu meninggal.

Ini adalah kenangan masa kecil gue yang bisa bikin trauma, tapi juga ngingetin betapa sayangnya gue ama Mama, dan gue yakin Mama juga sayang banget ama gue.

Semoga engkau bisa istirahat dengan tenang Ma, Ojak sayang Mama.

No comments:

Post a Comment