21 Feb 2016

Kalijodo dan RTH

Kalijodo tu kalo jomlo nyari pacar

Lagi seru nih. Heboh abis. Gue jadi kepo, ada apa dengan Kalijodo? haruskah ku lari kepantai, trus obral diri nyari jodoh

Jadi Kalijodo tu nama tempat di Jakarta. Katanya sih tempat esek2. Tapi gue nggak tau persis, belum pernah kesana sih. Kalo ke hati kamu mah sering.

Pemkot DKI mau ngenertipin daerah ini. Soalnya aslinya Kalijodo emang tanah pemerintah, tapi masyarakat diizinin untuk manfaatin.

Nah ceritanya Kalijodo ni masuk RTH. RTH tu adalah kependekan dari Ruang Terbuka Hijau. Semacam lahan khusus pemerintah yang digunain untuk penghijauan gitu.

Nah makanya kafe2 yang ada dikawasan Kalijodo mau dirobohin. Penduduk Kalijodo yang punya KTP Jakarta mau dipindahin ke Rusunawa. Trus Kalijodo mau dikembaliin ke fungsi awalnya sebagai RTH.

Masalah dimulai.

Kabarnya (gue liat di kompas) kalo Kalijodo ini dikuasain preman. Tiap ada aparat yang mau macam2, ditodong beceng. Kan serem abis.

Tapi bukan Ahok namanya kalo kaga sangar. Kamis kemaren doi ngelayangin SP-1 buat masyarakat Kalijodo. Trus Sabtu pagi, pasukan gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP ngegrebek kawasan Kalijodo.

SP-1 tu berlaku 7 hari, kalo masih belum pindah dikasi SP-2 (berlaku 3 hari), masi belum pindah juga, SP-3 yang berlaku sehari melayang. Masi bandel? buldozer yang gerak.

Gue seneng sih kalo Pemkot DKI mau ngeuwujutin RTH sesuai dengan tata kota yang idealnya 30% dari luas total.

Walaupun mungkin nggak bakalan langsung kerasa efeknya, untuk kedepannya ini bagus banget.

Nambah oksigen, memperbaiki ekosistem, trus nambah nilai estetika.

Gue selalu males ke Jakarta karna panas banget. Semoga dengan bertambahnya RTH, bakalan mempengaruhi cuaca lokal di Jakarta.

Walaupun PR Pemkot masih banyak sih. Target RTH 30%, ini 10% aja masi belum nyampe.


Kalo jadi taman kayak gini kan keren
Oke, sekarang gue ganti prespektif.

Gue jujur kasian ama masyarakat Kalijodo. Kehilangan tempat tinggal, kehilangan tempat nyari makan, keilangan tempat nyari kepuasan :p

Jadi keinget ama cerpen Bobo yang gue baca waktu kecil. Gue nggak inget judulnya.

Ceritanya tentang anak SD yang kerja sambilan jadi pemulung, trus nyimpan hasil pulungan di rumah semi permanen di kolong jembatan. Suatu hari gudang hasil pulungannya kegusur.

Gue nggak pernah jadi korban penggusuran, tapi setidaknya gue bisa ngebayangin gimana rasanya. Kaya ngegrebek pacar selingkuh. Nyesek pasti.

Mau gimana lagi, mereka harus sadar diri, mereka cuma numpang di lahan pemerintah. Tapi tetep aja nyesek.

Trus mereka harus tinggal dimana? kerja mereka gimana? anak2 mereka sekolahnya gimana?

Untungnya dikasih rusunawa. Walaupun nyewa, yang penting bisa dijadin tempat tinggal.

Kerja mereka? saatnya mungkin mereka nyari pekerjaan halal.

Anak2 mereka juga bakalan dikasih Kartu Jakarta Pintar (KJP) kalo pindah kerusunawa.

Intimidasi preman? well gue cuma bisa berharap praktek premanisme bisa ilang di Indonesia. Kampungan banget.

Petugas malam Kalijodo

No comments:

Post a Comment