1 Nov 2009

Majalahku: SMANTRI HITAM PUTIH

Lelah banget gw ngurus jurnal. Gw kesekolah jam 9 lewat yang artinya gw terlambat, soalnya janjiannya ngumpul di sekolah jam sembilan tepat. Gw lewatin gerbang sekolah dan masuk lewat pintu samping. Gw udah deg2an, soalnya gw kan ketua jurnal. Masak ketuanya sendiri yang telat

Kecemassan gw sedikit terlupakan saat masuk lingkungan sekolah. Banyak asap, bukan ada kebakaran tapi petugaas kota sedang mengadakan pengasapan untuk meminimalisasi korban akibat segala penyakit yang disebabkan nyamuk

Gw liat sekeliling, yang ada cuma sekumpulan anak PBB disudut lapangan, anak2 basket berteriak di aula dan anak2 kesenian yang lagi panik nyari kelas kosong untuk ngumpul. Nggak ada tanda2 kehidupan anak2 jurnal kecuali dua makluk yang lagi ngobrol di bawah pohon. Yang satu yang lagi jongkok, dia si Arif dan yang satu lagi lagi berdiri, dia adalah almamater sma gw yang baru tamat tahun kemaren dan sekarang di peternakan unan, bang Irzi.Gw ketempat kedua gendutkido(aliran bela diri yang gw buat sendiri, khusus untuk orang gendut) ni dan gw sadar bukan cuma gw yang terlambat

Setengah jam kemudian barulah semua anak2 jurnal datang. Baik itu anak kelas X, XI bahkan anak kelas XII. Gw ama ipan nyari kelas kosong untuk anak2 ni ngumpul. Setelah dapat dan minta kunci kelas tu ke pak Bambang(penjaga sekolah), gw membimbing bawahan2teman2 gw ni ke kelas. Dan langsung menghubungi pak Lades sebagai guru penanggung jawab ekskul jurnal ni. Sekalian minjam infokus untuk persentasi majalah ke bang Firman nanti

Untung aja si Ishan bisa mengerjakan sedikit layout majalah tu, dan kebetulan dia bawa leptop dan jadi deh gw latihan persentasi, mumpung bang firmannya belum datang

Latihan gw dipotong oleh acara ulang tahun si Kaka, bendahara jurnal. Sebenarnya dia ulang tahun hari rabu kemarin tapi dia mutusin untuk merayakannya bersama anak2 jurnal. Kue ulang tahunnya sedap banget, cake coklat dilapisi susu yang telah dikentalkan. Setelah tiup lilin gw dapat potongan pertama, hah itu yang gw suka. Lagian gw emang udah lapar dari tadi

Setelah bang Firman datang dan gw mempersentasikan rancangan majalah. Kayaknya bang Firman tu kurang setuju dengan setingan majalah remaja yang kami buat. Abang tu menginginkan adanya sedikit unsur sosialnya dan berencana untuk memasukan rublik “kriminalitas remaja”. Rublik yang membahas tindakan pidana dibawah umur

Buset, apaan nih???. Kok sampai serius kayak gini. Setelah didiskusikan ulang akhirnya rencana membuat rublik “kriminalitas remaja” ini dibatalkan

Berikutnya masalah dana. Sedikit kemungkinan pihak sekolah akan membantu, karna sekolah membutuhkan dana untuk memperbaiki sekolah paska gempa. Abang tu menyarankan untuk kita, anggota jurnal dan abang Firman untuk patungan. Gw pikir gini, ga mungkin anak sma kayak kami ni ngumpulin dana untuk membuat majalah yang rencananya cetakan pertamanya ini 1000 eksplembar. Lagian gw bukan tipe orang yang mudah percaya ama orang lain, dan jujur aja gw belum bisa mempercayai bang Firman ini. Walaupun dia ngaku almamater sma gw dan udah dipercaya pak Lades. Akhirnya kami menggalang dana dari almamater lain, abang tu yang ngurus semuanya. Karna layout majalah tu belum rampung, bang firman tu ngasih kami deatline baru, hari rabu

Gw merasa terharu juga bang Firman ni mau membantu mantan sekolahnya ini. Tapi gw juga ga akan semudah itu percaya begitu saja. Pengalaman mengajarkan gw. Banyak macam penipuan, dan mungkin salah satunya yang seperti ini, walaupun setelah gw diskusikan ama teman2 jurnal yang lain selepas bang Firman tu pulang. Mereka menganggap gw pesimis. Pelajaran yang gw ambil hari ini adalah:

Dalam lautan bisa diukur, dalamnya hati manusia siapa yang tau?

6 comments:

  1. nah tuh... berusahalah buat memberikan kepercayaan pada orang lain zaq... terlebih lagi, beliau juga bukan orang jauh. almamater kita sendiri.. dan dia punya cukup pengalaman dan orang lainpun mempercayai beliau.. dan yang terpenting: pak lades percaya akan bang firman tsb...

    cobalah percaya zaq.. cobalah....

    NB: andaikata gw ga ikut pertemuan minggu kemaren, judul postingan lo pasti bukan ini...

    ReplyDelete
  2. makanya hati-hati sama oknum2 tertentu...!
    dan jangan pula kita langsung menyimpulkan yang mungkin kta g' tau!

    ReplyDelete
  3. sipp, saya tunggu kiriman edisinya....
    edisi pertama emang susah, tapi kalo udah loncing bakalan gampang untuk selanjutnya

    ReplyDelete
  4. hai zaq... dah lama tidak mampir ke sini, apa kabar?

    salut nih buat majalahnya. jarang-jarang anak sma yang bikin majalah seperti ini. mahasiswa saya saja masih ribet bila diomongin soal beginian. dua jempol deh buat teman2 smantri...

    kata orang bijak gini: "dengarkan apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan". so, curiga dengan bang firman sih boleh saja, tapi masukan yang bagus darinya, ambillah... :D

    ReplyDelete
  5. zek....
    bukan susu yang dikentalin!
    tapi coklat putih yang dibekukan..
    gmana sech@@

    ReplyDelete
  6. to aurora: i try
    to Gadis Malang: tul
    to imoe: mohon doa restu
    to vizon: di usahain da

    ReplyDelete