31 Oct 2009

pemimpin itu pelayan

Pemimpin adalah pelayan, pelayan yang dipimpin. Memenuhi semua aspirasi dan pendapat. Tak ada diskriminasi dan jujur. Mampu mengayomi dan menjaga persatuan. Tak goyah diterpa badai dan tak lapuk dimakan waktu

Pemimpin tu adalah soal kepercayaan. Kepercayaan pemimpin kepada yang dipimpin dan kepercayaan yang dipimpin kepada pemimpin. Dalam sifat kepercayaan ini terbentuklah sebuah system yang menopang suatu kesatuan

Semua kriteria tu ga ada pada gw (kecuali tampang pelayan). Gw yang notabene adalah ketua ekskull jurnalistik telah melakukan sesuatu tindakan yang sangat fatal, ngacangin anggota

Rencananya kami, ekskull jurnal bakalan mencetak majalah untuk siswa dan almamater yang disponsori oleh seorang almamater bernama bang Firman. Makanya saat break hari jum’at kemarin gw, Arif dan Rian dipanggil kekantor wakepsek untuk rapat dengan bang Firman tentang majalah SMANTRI HITAM PUTIH (nama majalahnya)

Singkat cerita kesimpulan rapat tu adalah gw ama anak2 jurnal yang lain dikasih waktu deatline hari minggu besok untuk merampungkan semua berita yang akan dimasukin kedalam majalah. Gw segera keatas, kelantai tiga dan manggil Vina dan Reza (gw singkat aja jadi ViZA ya, soalnya mereka ni kemana berdua2 terus). Gw minta berita tentang liputan ekskull lain yang emang gw tugassin ama mereka. Trus si Arif nimbrung, Ipan nimbrung, Fuji nimbrung dan akhirnya sebagian anak jurnal udah terlibat diskusi seru tentang apa yang akan diisi di majalah

Tampa gw sadarin ga semua anak jurnal yang ngumpul. Tapi gw anggap nggak penting manggil mereka karna ini toh bukan rapat. Tapi perkiraan gw salah, salah besar malahan. Mereka yang ga ikut ini ternyata merasa disisihkan, dikacangin dan merasa disingkirin. Mereka semua ngadu ke Seo (mantan ketua ekskull jurnal yang gw certain di postingan sebelumnya). Dan akhirnya si Seo nuntut ke gw. Dan nyuruh gw minta maaf

Cilaka………..ekskull ini terancam bubar karna anggotanya terpecah belah. Si Ipan yang jabatannya sekre jurnal tenang2 aja. Gw jadi tambah sewot. Gw marahin dia, eh emang dasar cuek dia cengengesan gw marahin

Akhirnya selepas shalat jum’at gw (ditolongin Seo)minta maaf ama mereka. Memang sih ada sebagian yang masih belum bisa memaafkan gw. Tapi setidaknya gw udah minta maaf dan menjelaskan segalanya kepada mereka, kalau mau maafin syukur kalau nggak ga pa pa

Baru deh sabtu tadi gw ngadain rapat resmi dan ngundang semua anak jurnal. Ngumumin besok deadline berita majalah, besok ngumpul di sekolah jam 9 dan kalau besok bang Firman serta guru penanggung jawab jurnal, pak Lades akan datang. Tapi besok berita dari anggota jurnal lain ada apa tidak gw gat au, kita liat aja nanti

Tantangan lama selesai, tantangan baru muncul. Nggak nyangka gw sebegini beratnya jadi pelayanpemimpin. Tapi ini mungkin bisa menjadi pelajaran berharga buat gw dan sebagai gemblengan sikap kedewasaan gw dalam menghadapi masalah. Pelajaran yang gw dapat hari ini adalah prinsip yang gw dapat dari presiden iran yang menyumbangkan karpet mewah istana ke mesjid, Ahmadinejad:

Pamimpin adalah pelayan

7 comments:

  1. moga ekskul jurnal ttep awet n mkin kren...

    ReplyDelete
  2. pemimpin bukan pelayan !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  3. kalau menurut gw sih zaq, elu itu bukan pelayan, malah jadi kacung sekalian! disuruh itu mau aja, disuruh ini, nurut....

    dan soal mereka yang merasa tersisih, menurut pendapat gw merekalah yang terlalu sensitif... contoh gw, berapa kali sih, lo ga ngajakin gw rapat jurnal? berapa kali lo ga peduli gw datang ato enggak ke pertemuan jurnal?? kalo gini sih, gw bisa aja ngambek n hiatus dari ekskul ini....

    hehehe.... ga kok zaq... jangan nangis gitu....

    ReplyDelete
  4. HHHmmm ...
    Anak SMA nyetak majalah ... Keren ... keren !!!

    Ini temennya Aurora ya ...
    Om Trainer berharap semoga sukses untuk majalahnya ...

    Suer ... saya seneng banget liat anak-anak muda kreatif kayak gini ...

    Salam saya

    ReplyDelete
  5. Konflik di organisasi ... itu biasa Zag ...

    So ...
    rangkul semua ... maju sama-sama ...
    OK ???

    ReplyDelete
  6. Kata Paulo Friere: "orang yang memiliki kesadaran akan peran, akan belajar banyak dan menjadi kreatif".

    Ketika Zaq menyadari akan hakekat pemimpin, maka saat itulah Zaq telah mendapatkan sesuatu yang berharga. Dan saya yakin, dirimu akan kreatif mengahadapi berbagai persoalan dalam kepemimpinan. So, jangan kecil hati dengan meminta maaf. Itu tidak akan menurunkan wibawamu sebagai pemimpin, justru akan menaikkan kemuliaanmu, anak muda...! :D

    ReplyDelete
  7. to gayaku: amin
    to Anonim: trus apa donk
    to aurora: untung ngga keburu nangis
    to nh18: diusahain om
    to vizon: jadi terharu da, makasih

    ReplyDelete