3 Oct 2009

Padang, Kotaku Stasiun Gempa

hari pertama
gw pulang sekolah hari rabu sore dengan kelelahan. sebenarnya tiap hari rabu ni gw les di GO tapi karna liburan hari Raya idul fitri gw mulai les hari sabtu depan

saat sampai rumah gw langsung tidur di tempat tidur bawah tangga. baru sesaat tidur rasanya ada yang menggoyang tempat tidur. otomatis gw terbangun dan baru gw sadari saat itu sedang terjadi gempa. secepat kilat gw berlari keluar rumah, gw liat Ibu lagi kehilangan keseimbangan di ambang pintu. sekalian aja gw papah ibu gw ke teras. udah sampai di luar rumah ibu gw ingat kalau belum matiin kompor dan berlari kedalam rumah. segera aja gw tahan, masak lari kedalam rumah saat gempa masih berlangsung itu kan sama aja cari mati, itu pikiran gw

setelah gempa reda baru deh gw dan ibu kedapur, ngeliat kompor. ternyata ayah gw yang saat gempa menyelamatkan diri kebelakang rumah udah mematikan kompor. yang menyelamatkan diri di belakang rumah bukan hanya ayah tapi juga semua anak2 kos gw yang ada di tingkat dua. tampang mereka acak2an malah ada yang make daster tipis aja, baru setelah selesai gempa di ngambil handuk dan menutupi auratnya. pemandangan sedap disaat emergensi he...he...he...

keluarga gw alham dulillah semuanya sehat. rumah gw juga cuma retak2 dikit, begitu pula rumah kakak perempuan ibu. rumah tante gw plester dinding ruangan tamunya roboh dan dinding dekat pintu utama nyaris runtuh

saat itu juga listrik mati dan sinyal HP ga ada (kecuali fleksi ama XL). kendaraan bermotor lalu lalang didepan rumah gw. dan anak2 kos gw malam itu tidur diruang tamu, takut akan gempa susulan

hari kedua
entah apa yang gw pikirin pagi itu setelah mandi dan shalat gw pasang seragam sekolah gw. gw mau sekolah atau setidaknya melihat kondisi sekolah gw. untungnya angkot tetap narik. saat pergi kesekolah gw liat banyak bangunan yang rata dengan tanah. dalam hati gw bersyukur rumah gw ga apa2. sesampainya di sekolah seperti yang gw perkirakan sekolah terlihat sepi. yang ada cuma beberapa murit berpakaian bebas, penjaga sekolah dan kepala sekolah. gw liat tiap tonggak penyangga sekolah gw retak. di lantai tiga loteng2 ambruk dan saat gw ngintip salah satu lokal kursi2 dan meja2 belajar berantakan

gw tanya ama kepsek kapanmulai sekolah beliau hanya tersenyum sedih dan bilang "liat keadaan dulu"

pas siang gw disuruh kerumah kakak perempuan ibu gw oleh anaknya yang nelfon ke fleksi gw. dan malamnya gw pergi ketempat orang tua om zal. keponakan om zal hampir setengah sters karna gempa ini. dan malam itu juga dia dibawa ke "orang pintar"

ga ada listrik ga ada ngecas. dan batrai hp fleksi gw diambang kematian

hari ketiga
pagi2 tante gw heboh kerumah. karna listrik mati jadinya tante nebeng mandi dirumah gw. untungnya listrik kembali menyala siangnya dan gw bisa mandi dan ngecas HP. untung pagi tadi gw ga mandi he...he...he...

malamnya gw dikejutkan oleh berita teman perempuan gw bernama Ela telah meninggal dunia. emang ga sekelas sih tapi dia tu anak yang pergaulannya luas dan dekat dengan hampir separo SMA. selamat jalan Ela, rest in peace, semoga allah menerimamu disisinya, amin

setiap tahun gempa selalu melanda kota padang dan sepanjang hidup gw ini adalah gempa terdasyat yang pernah gw rasain. tapi walaupun begitu gw percaya masyarakat padang adalah masyarakat yang kuat, dan akan bangkit dari setiap musibah yang menimpa. pelajaran hari ini yang gw dapat kurang lebih sama dengan pelajaran postingan kemarin:

allah itu tidak memberikan apa yang kita inginkan, tapi memberikan yang kita butuhkan

10 comments:

  1. kamu masih mending listriknya bisa nyala, klo aku boro2 trafo yang ada di dekat lapai aja rubuh menimpa sebuah mobil grand livina. b'warna perak.

    klo pelajaran yang kamu dapat aku setuju. cos pada malam setelah gempa aliran air bersih di rumahku dan sekitarnya pada mampet, dan untungnya malam itu Allah menurunkan air hujannya untuk kami.

    ReplyDelete
  2. waaa.... bener2....[quote] allah itu tidak memberikan apa yang kita inginkan, tapi memberikan yang kita butuhkan [quote]

    ReplyDelete
  3. hmmmmmmmmmmmm......sero disinan iduik listrik...bisa mandi ,boker aman,,,disiko ....APA den boker d banda kali....ahhahahhaha aden lai diWC

    ReplyDelete
  4. semua ada hikmahnya zak :))

    ReplyDelete
  5. ya betul banget zaq,,ni adalah gempa yang paling terdasyat yang pernah gw rasain.. dan ini g'kan pernah terlupakan oleh gw....
    gw turt berduka cita ya ma tmn lo.. moga arwahnya diterima disisi tuhan.. amin...

    ReplyDelete
  6. my live for me10 Oct 2009, 13:19:00

    pokoknya buat warga padang agkitlah, jangan dirundu kesedihan... semua pasti ad hikmahnya dan bersyukur kita masih selamat dan sehat saat ni....

    ReplyDelete
  7. to gadis malang: sedih nian nasibmu ha...ha...ha...
    to Anonim: ya gw ngerasain itu
    to noname: buayo apa ang mah, dibanda kali boker, polusi air tu
    to olaa : tul...
    to amimoet: amin
    to my live for me: gw akan coba bercukur eh, bersukur

    ReplyDelete
  8. syukurlah selamat gan, keluarga ane di alai alhamdulillah juga selamat, btw pas nes, pak ehan (biologi) masih ngajar di G.O

    ReplyDelete
  9. pak nes sih tau bang tapi pak ehan ga tau tuh

    pak nes tu masih ngajar di GO

    ReplyDelete
  10. masyrakat kta padang BISA!!!
    saran buad msyrkat pdg :
    biasakan drimu dgn gmpa..

    ReplyDelete