25 Oct 2018

Gue Ganti Jasa Pengiriman

Udah lelet, pake pungli lagi

Sejak kuliah gue tu suka beli beli online. Dari jamannya kaskus ampe tokped.

Menurut gue ini inovasi keren banget. Lu cuma tinggal nyante nyante dirumah, barang yang lo pengen nyamperin lu.

Di china toko online macam ini udah jadi raksasa bisnis. Macam Alibaba dan JD.

Nah dari tahun 2011 tu kalo beli beli barang gue selalu make J*E. Karena dulu outletnya dekat kosan gue.

Salah satu keunggulan perusahaan ini outletnya dimana mana.

Kebiasaan deh tu pake tu prusahaan ampe beberapa bulan ini. Namun semua berubah sejak negara api menyerang.

Apaan sih

Gue kesel banget ama kurirnya yang disini.

Gue mesen barang. Gue track. Barangnya udah nyampe nih di outlet deket tempat kerja gue. Tapi kaga diantar antar.

Mbak mbaknya nelfon. Suruh jemput barang ke outletnya.

Idih, ogah

Bukannya dianter ampe tujuan tu udah salah satu jasanya. Gue pake ni perusahaan karna dianter ampe alamat.

Kalo main jemput jemput ke outlet mending gue pake Pos Indonesia. Lebih jelas, duitnya buat negara lagi.

Emang sih rumah dinas gue masuk kedalem. 15 menitan lah dari jalan raya. Jadi gue masih ngerti lah perasaan kurirnya.

Gue telfon kurirnya, minta titipin aja dirumah anggota gue yang rumahnya deket jalan raya.

Oke. Satu masalah selesai.

Pesenan gue berikutnya, kurirnya nelfon. Bilangnya doi udah dirumah anggota gue. Minta gue jemput kesono.

Gue males kan. Udah titip aja disono gue bilang. Sikurir masih ngotot mau ketemu gue.

Gue inget persis, kata katanya gini "sini dong bang, jumpa kita, masa nggak ada uang uang rokoknya buat saya".

Najis. Jijik gue

Jaman gini masi aje ada pungli macam ini.

Ngamuk gue. Gue omelin aja tu kurirnya. Gue laporin ke Costumer Care ni perusahaan jasa pengiriman.

Abis itu emang si kurir nggak ada macem macem lagi. Tapi tetep aja pesanan gue nyampenya seminggu.

Trus bang adit nyaranin gue pake J&T aje. Katanya cepet dan bagus. Gue iyein aje biar cepet.

Gimana ya, gue udah make J*E dari lama banget. Kadang kalo udah nyaman jadi susah berpaling.

Jak, jangan baper. Fokus !!!

Minggu lalu gue beli buku di Tokped. Pas milih jasa pengirimannya, eh ada J&T. Iseng gue pilih J&T. Cobain ah, orang harganya sama ini.

Minggu pagi gue pesan, selasa barangnya udah nyampe. Demi, kaga boong gue.

Waktu gue lagi nongkrong keluar ama bang Adit, gue ditelfon kurirnya

Kurir: Mau diantar kemana barangnya mas?
Gue: Rumah gue jauh, udah gini aja, lu tau rumah bang Adit kan, taro aja didepan rumahnya
Tumben baek lu jak
K: Aman ini mas?
Kurirnya lebih baek lagi, at lease peduli ama barang gue
G: Aman, selo lah
K: Yakin mas?
G: Kalo masnya kurang yakin taro di garasinya bang adit aja mas, nggak dikunci itu, nanti garasinya tutup lagi aja
K: Oke mas

Bener juga kata bang Adit. J&T lebih baik. Kayaknya mulai sekarang gue bakalan make J&T terus dah.

Ini menurut gue ya, kalo menurut lu beda ya itu terserah lu.

Kalo menurut gue output maksimal untuk kepuasan pelanggan yang berarti input makasimal perusahaan. Kalo outputnya setengah setengah jangan heran inputnya juga setengah setengah.

Apalagi kalo perusahaan lu tu outputnya jasa. Yang parameter Quality Controlnya pasti susah banget ditetapin, tapi paling terasa ama pelanggan.

Jadi pelajaran aja buat gue, kalo ntar gue mau jualan jasa, gue harus ngasih pelayanan prima, biar pelanggan gue kaga kabur.

No comments:

Post a Comment