29 Oct 2018

Gini Seharusnya Debat Politik Menurut Gue

Santai, berisi, beradu visi misi.

Youtube
Kemaren gue liat video keren banget. Ngomongin politik dengan cara yang anak muda macem gue ngerti.

Masi ngerasa muda lu jak?

Gue masi muda tau. Dan gue saranin lu nonton debat politik yang satu ini. Chill banget, nggak pake urat, dan berisi.


Ini video di chanelnya Asumsi yang judulnya "Pangeran, Mingguan - DEBAT SERU RIAN ERNEST VS FALDO MALDINI!".

Background dikit tentang yang ngobrol di video ini.

Rian Ernest ini wakil ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPW Jakarta. Lulusan Hukum Bisnis UI. Sekarang Ngelanjutin di Master Public Administration di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura, atas beasiswa penuh.

Faldo Maldini ini Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN). Lulusan Fisika UI dan Plastic Electronics di Imperial College London, Inggris.

Dua duanya sama sama muda, sama sama pinter, dan sama sama mau yang terbaik untuk Indonesia.

Kalo menurut gue gini seharusnya debat politik. Seru beradu visi dan misi. Adu argumen. Tapi tetep santai dan santun.

Nggak satu jalan ke Roma. Setiap orang punya pandangan yang berbeda beda. Dan punya cara yang beda beda juga. Tapi yang penting tujuannnya tetep satu, kemajuan Indonesia. Namanya juga demokrasi.

Jadi lu tinggal pilih, cara mana yang menurut lu lebih cocok dan lebih pas buat elu.

Dibawah ada video Pangeran Siahaan ama Haye yang juga keren menurut gue.


Gue kan bukan ahli politik ya. Jadi nggak ngerti ngerti amat politik tu apa. Gue searching.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain: politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles). Source: Wikipedia

Politik tu seni dan ilmu.

Kalo menurut gue seni tu indah. Dengan ngeliat ini gue mulai yakin kayaknya politik Indonesia bisa indah deh. Nggak perlu pake SARA, ngehina atau intimidasi.

Dan jangan lupa politik itu ilmu. Setiap warga negara berhak untuk belajar politik.

Gue miris ya ama banyak calon pemilih indonesia yang udah nentuin pilihan presidennya sekarang tanpa tau satupun visi misi calonnya.

Itu kaya pacaran hanya karna tampang dan body. Kenal juga kaga, PDKT kaga sempat, langsung jadian aja. Kan rada geblek ya.

Gue harap debat politik yang santun kaya gini bisa dibudayakan di Indonesia. Biar warga Indonesia bisa rada pinteran dikit.

No comments:

Post a Comment