18 Jun 2019

Tipe - Tipe Orang yang Gue Benci Di Dunia Kerja

Worthyblog
Ada banyak jenis orang di dunia kerja, Ada yang gue suka, dan ada yang gue males kerja ama tu orang. Dan ini spesies - spesies yang gue maksud:

1. Si Bodo Amat
Gue sebenernya nggak ada masalah ama orang - orang yang tipe kayak gini. Cuma yang nyebelin, kalo harus berurusan ama ni orang. Bener - bener dah. Kalo bisa milih, gue males brurusan ama orang - orang tipe ini. He/She literally no care about anything. Kerjaan nggak selesai ngak peduli, dimarahin nggak peduli, dinasehatin bodo amat. Kalo urusan ama orang tipe begini, kerjaan nggak selesai, yang ada gue emosi sendiri.

2. Tukang Maksa Ide
Harus idenya yang dipake. Ha...rus... Walaupun kadang situasi nggak memungkinkan. Rigid. Nggak fleksibel. Tujuanya bagus sih sebenernya, cuma caranya kurang pas. Malah kadang nggak efektif. Keras kepalanya minta ampun. Biasanya sih yang kayak gini si boss. Karena atasan, mau nggak mau harus diturutin juga.

3. Si Lempar Batu Sembunyi Tangan
Biasanya ini sejalan ama yang diatas sih. Udah ngemaksain ide, nggak jalan. Trus nggak mau ngenanggung jawabin. Nyalahin yang lain. Anggotanya yang kena getahnya. Bisa jadi kerjaan nggak beres ato lebih parah. Ganti rugi.

4. Yes Bos
Apapun yang dibilang bos jawabannya "Siap Pak", "Baik Pak", "Bisa Pak". Diawalnya sih bikin seneng, wah beres nih. Cuma yang jadi masalahnya diujungnya. Eksekusinya kaga ada. Bikin pengharapan yang tinggi jadi ancur berantakan. Kecewa.

5. Tukang Ngeluh
Spesies ini yang bikin gue bete abis. Ngeluhhhhhhh muluuu. Udah barang pasti kalo kerja tu ada masalah. Ngganggur aja ada masalah, apa lagi kerja. Tugas lu buat nyelesaiin masalah. Minimal ada usaha. Curhat boleh, sharing bagus banget, nyari solusi sama2 malah bagus banget. Cuma jangan ngeluh mulu dong. Yang dikeluhin, itu itu aja. Nambah masalah gue aja.

Dunia kerja tu emang isinya macam2. Apapun ato kayak gimana pun tim yang lu dapet, tujuan kerja tu make thing is done. Lu ama tim harus fokus ama masalah lu dan solusinya.

Walaupun gue baru 3 tahun di dunia kerja, yang gue pelajari adalah nggak ada yang nggak berguna. Semua resource lu tu penting.

Seberapa nyebelinnya pun rekan kerja lu, boss lu, anggota lu, mereka punya fungsi, manfaat dan keahlian masing2. Lu harus tunjukin kedewasaan lu, menerima doi apa adanya, dan manfaatkan kemampuannya to make thing done.

No comments:

Post a Comment