21 Jun 2019

Pentingnya Percaya Diri dalam Hidup Gue

Sumber: Finansialku
Tadi ada acara halal bi halal.

Trus ada biduannya, 2 ekor.

Menor abis.

Temen - temen kerja gue yang kepala 3 keatas dan pada dasarnya buaya semuanya pada blingsetan melotot konsentrasi nonton biduan.

Saat biduannya nyanyi, suaranya ... gimana ya ngomongnya. Biasa aja menurut gue.

Trus bang Sipayung ngomong:
"Jak, mending lu naik panggung, suara lu lebih bagus keknya"

Semua ketawa.

Gue nyaut:
"Di Bisnis ini bang, yang paling penting tu PeDe, bukan suara"

Semuanya ketawa lagi.

Gue jadi inget bit Pandji tentang percaya diri. Hal yang paling penting di industri TV. Waktu itu lagi ngebahas reting TV dah kayaknya.

Doi nyontohin banyak artis yang sebenernya kaga ada bakat, cuma karna modal PeDe jadi terkenal dan malahan jadi artis pendongkrak reting.

Bitnya lucu, cuma bikin mikir.

Bit - bit kayak gini yang gue suka dari Pandji.

Gue bawain ke diri gue, gue jadi bersyukur punya urat malu yang udah putus dari lama.

Percaya diri adalah senjata rahasia gue selama ini.

Tanpa tau dimana SMA 3 Padang tempatnya dimana, gue pede aja ngelamar disana. Yang gue tau ini termasuk sekolah bagus dipadang. Eh keterima.

Dengan modal bahasa inggris pas - pasan gue pede aja ngajuin masuk kelas internasional yang belajar semua pelajarannya pake bahasa inggris. Eh keterima.

Proses belajar gue di SMA sulit emang, gue seakan belajar 2 materi sekaligus, tapi gue syukuri yang gue dapat disana.

Gue nggak tau IPB tu persisnya dimana, nggak ada temen yang ngelamar di IPB juga. Yang gue tau Agronomi IPB adalah yang terbaik di Indonesia. Gue pede aja ngelamar disana. Eh keterima.

Banyak ilmu dan pengalaman yang gue dapetin di IPB. Baik ilmu literaturnya, ilmu komunikasi dan ilmu sosialnya.

Gue nggak nyangka temen2 gue kuliah dari seluruh Indonesia, dengan beragam budaya, kebiasaan, agama, cara berbicara, dan cara berpikir. Membuat mata gue terbuka dengan keberagaman, tenggang rasa dan open minded.

Gue bersyukur banget dapet kesempatan kuliah di IPB. Banyak yang mau kuliah di sana, tapi nggak bisa.

Gue awalnya nggak tau perusahaan tempat gue gawe sekarang. BUMN sih, cuma gue belum pernah denger. Gue juga belum pernah ke Sumatera Utara. Yang gue tau ada lowongan kerja disini dari web portal BUMN dan gue pede aja ngelamar disini. Eh keterima.

Waktu perpisahan TC disini gue disuruh jadi MC acara. Gue belum pernah jadi MC, seringnya diblakang panggung jadi tim acara. Cuma why not? pikir gue, pede aja gue iyakan. Eh lumayan lancar - lancar aja.

Jadinya gue terkenal di angkatan gue sebagai MC perpisahan. Kayaknya semua angkatan gue kenal gue deh.

Gue rada sedih sih ama temen - temen yang lain. Yang mohon maaf, rada nggak terkenal. Dan kadang terlupakan.

Banyak banget pegalaman hidup gue yang cuma bermodalkan percaya diri. Tanpa gue tau persis apa yang akan gue hadapi.

Ini ngelatih gue untuk improvisasi. Ngelatih gue buat lebih fleksibel.

Kalo gue inget, dan kalo lu kenal gue dulu waktu SMP dan mungkin SMA gue sangat rigid dan keras kepala.

Percaya diri jadi senjata gue untuk belajar hal baru, belajar cara baru, belajar mencintai diri gue apa adanya dan belajar cara memahami orang lain.

Percaya diri jadi senjata rahasia gue untuk menjadi lebih baik.

Percaya diri merupakan bagian yang sangat penting dalam hidup gue.

2 comments:

  1. Jadi ketua ekskul juga berawal dari percaya diri dong.

    ReplyDelete