24 Mar 2010

Nenek-Nenek di Kursi Kayu


Minggu ini gw libur. Itu karna anak2 kelas XII ujan UN. Gw berusaha mengisi liburan gw baik2. rencana udah diatur, cuma sedikit berantakan

Hari minggu rencananya gw latihan nari. Cuma nggak jadi. Itu bikin gw BT abis. Tapi karna gw batal latihan nari gw pergi ke taman bacaan dipasar baru. Gw puasin baca komik seharian. Hari senin gw seharian dirumah Beni nginstal ulang PCnya. Hari selasa gw kewarnet Ade, teman SMP gw. Lumayan ngenet gratis. Hari ini gw les di GO

Ada sesuatu yang lucu hari ini. Saat gw pulang les, udah sore sekitar jam 5-an. Gw ngajak Beni ke gramedia yang letaknnya nggak jauh dari tempat les gw. Untung nya dia setuju

Kami melewati jalan pintas. Jalanya cukup sempit dan melewati gang2 sempit antara rumah2. Saat gw melewati salah satu gang gw ngeliat nenek2 lagi nyante menduduki kursi kayunya di halaman rumah yang berada di ujung gang yang gw dan Beni lewati. Gw jadi mikir,m tiap gw pulang les dan pergi ke gramedia gw pasti selalu liat nenek ini duduk di kursi kayunya. Apakah ini hanya kebiasaan atau….

Gw nggak berani mikirinnya lagi. Gw lanjut aja jalan ama beni. Sesampainya di gramedia gw langsung acak2 lantai tiga, tempat penjualan komik. Ternyata nggak ada Onepiece baru, nggak ada Naruto baru ataupun Eyeshild baru. Iseng2 gw ngebaca komik Amerika yang berisi super2 hero kayak Superman atasupun batman di sudut lantai tiga

Setelah kebingungan nyari gw. Beni ngajak gw untuk pulang. Karma udah hamper magrib gw pun menyetujuinya. Kami kembali jalan lewat jalan pintas penuh gang yang kami lewati tadi. Kembali gw melihat nenek itu masih dikursi kayu. Tidak bergerak sedikitpun

Setelah agak jauh dari nenek tu, disebuah gang gw bertanya ama Beni “kok nenek tu nggak pindah2 ya?. Kemaren2 nenek tu juga didik di kursi tu. Jangan2 hantu gentayangan”. suasana udah hamper gwlap dan kami berada di gang sempit yang mendukung suasana ngeri dan menaikkan bulu romang gw. Beni jadi sedikit syok waktu gw ngomong. Sambil menenangkan diri dia bilang “ nenek tu nggak shalat, tadi gw liat salib didalam rumahnya”

Gw yang penasaran denag kata2 Beni tu langsung megang tangannya dan menolah kebelakang. Tujuannya sih gw penasaran dan ingin balik ke tempat nenek2 tadi. Pengen mastiin apakah beliau emang Kristen. Karma gw nggak mau nanti Beni asal tuduh. Tapi saying sesaat setelah gw megang tangannya dan menoleh kebelakang, Beni melakukan beberapa hal yang nggak gw sangka. Dia berteriak, melepaskan pergelangan tangannya dari genggaman gw dan lari sekencang2nya manuju ujung gang

Gw ditinggal sendiri. Awalnya gw bengong, kok dia tiba2 jadi kayak gitu. Biasanya sih Beni tu anaknya kalem dan nggak macam2. gw nyantai aja jalan menuju ujung lorong. Saat gw samperin dia yang lagi ngos2an gw tanya. Ternyata dia tadi ketakutan. Ha…ha…ha… gw ngakak terus ampe diangkot

Sebenarnya gw juga takut, tapi ngeliat Beni teriak sambil lari bikin rasa takut gw ilang. Berganti dengan tawa yang nggak henti2 keluar dari mulut gw. Ga juga merasa bersalah ama Beni. Gw yang ngungkit2 masalah nenek itu dan gw tiba2 berhenti dan memegang pergelangan tangannya seraya menoleh kebelakang. Gw rasa tindakan gw itu lah yang membuat dia takut. Pelajaean yang gw dapat hari ini adalah:

Ketakutan hanya ilusi dari keadaan

2 comments:

  1. jangan tersinggung ya zaq, namun sumpah, ini adalah tulisan paling ga jelas dalam sejarah blog ini.... ckckckck.... paling tak jelas diantara ketidakjelasan lainnya...

    ReplyDelete
  2. hahhahaha.
    ya zaq, itu jalan faforitku pulang les pak pandu waktu masi di dpan damar.
    nenek2 tu emang kristen. aku sering memperhatikan. beliau emang sering duduk di ditu dan selalu, kadang memperhatikanku lewat dan kadang2 menyapa tetangga2nya yang lewat.
    yg bikin aku lewat sana bukan nenek itu, tapi justru anjing yg dekat bengkel. pernah di kejar sih. Kampret!

    ReplyDelete