17 Nov 2019

Fenotipe = Genotipe + Lingkungan

Sumber

Saat belajar genetika, rumus ini bakalan yang dipelajari pertama.

Fenotipe tu sifat yang lu tunjukkan.

Genotipe tu gen bawaan lu dari orok.

Lingkungan ya lingkungan. Tempat tinggal lu, keluarga lu, apa yang lu pelajari selama hidup, pergaluan lu dan teman2 lu.

Maksud dari rumus ini adalah sifat lu, karakrer lu, tingah laku lu, sex preveren lu, cara berpikir lu dll; semuanya dipengaruhi oleh gen bawaan lu lahir dan lingkungan yang lu jalani.

Makanya hampir nggak ada manusia yang sama.

Setiap manusia punya kombinasi sifat dan karakter yang unik.

Ada yang pemarah.
Ada yang sabar.

Ada yang malu malu.
Ada yang pede mampus.

Ada yang pinter ngomong.
Ada yang blepotan ngomong.

Ada yang rapi.
Ada yang berantakan.

Ada yang romantis.
Ada yang nggak romantis.

Ada yang teliti.
Ada yang nggak teliti.

Ada yang pencemburu.
Ada yang nggak pencemburu.

Ada yang suka diatur atur.
Ada yang nggak suka diatur.

Ada yang incumben.
Ada yang oposisi.

Ada yang waktu pilpres milih nomor 1.
Ada yang nomor 2.
Ehhh... kok larinya ke sini ojak

Ampe berantem lagi pendukungnya.
Kelar pilpres.
Yang didukung malah kolab.
Kek youtuber.
Yang ngedukung bingung.

Intinya setiap orang tu sifatnya aneh aneh. Gue sadar itu.

Yang susah tu ngejabarin sifat sendiri. Apalagi sifat jelek. Kalo yang ini biasanya orang lain duluan yang sadar.

Kalo sifat baek mah gampang.

Makin gede gue mulai ngenal sifat sifat gue. Gue mulai akrab ama diri gue.

Gue mulai tau apa yang gue suka, apa yang nggak. Sifat jelek gue. Sifat gue yang lumayan baek. Kebiasaan kebiasaan gue.

Dan gue ngeliatin fenotipe gue ke dunia. Nggak suka pura pura gue anaknya.

No comments:

Post a Comment