26 May 2010

Selamat Jalan Amak

Amak, itulah panggilan gw ke ibu dari ayah gw, nenek gw. Hari ini jam 4 pagi beliau telah berpulang dalam usia 72 tahun

Sebelumnya beliau udah 22 hari di rumah sakit dan bolak balik ruang ICU untuk operasi usus beliau yang bermasalah

Gw baru tau berita ini saat akan kesekolah hari ini. Semuanya udah siap, gw udah pake seragam dan berniat pake sepatu sebelum tante gw ngedor2 pintu dan memberitahukan hal ini. Langsung aja gw copot seragam dan bersiap2 kerumah gadang (istilah untuk rumah utama dalam suatu keluarga minangkabau) yang diplot sebagai rumah duka. Sebelumnya gw sempatin diri untuk nelfon Irfan dan minta izin kesekolah

Gw masih ingat nasehat2 Amak. Gw ingat waktu Amak menasehatin gw agar lelaki harus tegar dan selalu ceria, tidak boleh nangis. Karna itu hari ini gw berusaha untuk tidak nangis. Tapi usaha gw sia2 saat Amak akan dimasukkan ke liang lahat. Gw nggak bisa menahannya lagi, gw nggak akan bisa merasakan tangan kasar beliau mengusap punggung gw, kata2 beliau yang menentramkan gw dan wajah keriput beliau yang selalu tersenyum kepada gw

Setidaknya bukan gw satu2nya yang meangis saat itu. Untuk pertama kalinya dalam hidup gw, gw lihat ayah gw nggak bisa menguasai diri. Gw juga melihat paman, tante dan sepupu2 gw nggak bias menahan emosinya saat penguburan itu, padalah mereka sangat berhasil menahan diri waktu Amak dimandikan, dikafani dan juga dishalatkan

“iko cucu ambo, anak karya”(ini cucu saya, anak karya~panggilan ayah) itu selalu yang beliau katakana kepada teman2 beliau dengan rasa bangga. Saat mengingat itu hati gw sakit. Emang apa yang bisa gw banggakan sebagai cucu beliau. Waktu beliau sakit aja gw jarang menjenguk

Sekarang gw dan juga seluruh keluarga berusaha mengiklaskan kepergian beliau. Semoga jalan beliau dilapangkan oleh Yang Maha Kuasa. Dan pesan pribadi dari gw: selamat jalan Amak

3 comments:

  1. zaq, gw turut berduka atas kepergian nenek lo... pantesan tadi ga ada di sekolah(aneh, irfan ga ngasih kabar...)
    sumpah, gw serasa mau nangis waktu baca penggalan kata “iko cucu ambo, anak karya”. nenek gw juga sering bilang gitu ke orang2. “iko cucu ambo, anak si Is(Iskandar, nama ayah)" dan tentinya dengan bangga, walaupun sebenarnya gw masih merasa belum ada yang bisa dibanggakan... gw cuma berharap, beliau bisa melihat beberapa loncatan yang gw buat sebelum pergi...

    yang tabah zaq... teruslah membuat beliau bangga....

    ReplyDelete
  2. yang tabah ya zaq! semoga aja beliau ditempatkan di temapt yang layak di sisiNya. tanpa beban!

    ReplyDelete
  3. selamat jalan...berbahagialah karena mengenal nenek..saya tidak pernah....karena beliau sudah jauh mendahului sebelum saya sempat mengenal lebih jauhhh

    ReplyDelete